• Melayani Dengan Setulus Hati

Kegiatan Penelitian Epidemologi Demam Berdarah Dengue di Karanganyar Rt.01/Rw.3

Sabtu, 18 Juli 2020,-

Puskesmas Karanganyar mengadakan kegiatan penelitian epidemoligi Demam Berdarah Dengue di Desa Karanganyar, Rt. 01/Rw.03, KecamatanKaranganyar. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Kader 5 orang, Kadus Desa Karanganyar 1 orang, Pendamping bidan 1 orang, Bidan desa 1 orang, Petugas DB Puskesmas, Petugas Survelen 1 orang dan petugas DB Dinas Kesehatan Purbalingga: Bp. Abidin Solihin.

Penelitian Epidemologi tersebut dilakukan beserta kegitan Pemantauan Jentik Berkala dan Pemberantasan Sarang Nyamuk, dengan hasil sekitar 36 rumah terdapat 7 positif jentik. Dengan begitu diharapkan masyarakat ikut berperan aktif memotong mata rantai wabah Demam Berdarah Dengue tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan PSN 3M Plus, yaitu:

  1. Menguras, merupakan kegiatan membersihkan/menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. Dinding bak maupun penampungan air juga harus digosok untuk membersihkan dan membuang telur nyamuk yang menempel erat pada dinding tersebut. Saat musim hujan maupun pancaroba, kegiatan ini harus dilakukan setiap hari untuk memutus siklus hidup nyamuk yang dapat bertahan di tempat kering selama 6 bulan.
  2. Menutup, merupakan kegiatan menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum. Menutup juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengubur barang bekas di dalam tanah agar tidak membuat lingkungan semakin kotor dan dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk.
  3. Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), kita juga disarankan untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Yang dimaksudkan Plus-nya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti berikut:

  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  • Menggunakan obat anti nyamuk
  • Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi
  • Gotong Royong membersihkan lingkungan
  • Periksa tempat-tempat penampungan air
  • Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup
  • Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras
  • Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk
Bapak Abidin Solihin Pencarian jentik nyamuk
Pemantauan jentik nyamuk di tempat penampungan air warga
Pemantauan jentik nyamuk di luar rumah warga
Penyuluhan pentingnya menjaga kebersihan sekitar rumah dan dalan rumah. Jangan biarkan air menggenang tanpa penutup
Persiapan sebelum melakuan PSN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *